Desain Undangan Red Rose


Desain undangan red rose adalah desain undangan yang menggunakan merah dominan sebagai background undangan. Saya tidak terlalu banyak membuat motif untuk menghiasi desain undangan sehingga tampilannya tidak terlalu rame seperti desain undangan sebelumnya. Namun desain tetap menampilkan keindahan dan terlihat merah elegan.

Anda tertarik untuk membuatnya? Anda bisa membuatnya dengan mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan.

Pertama, buka lembar kerja Corel Draw, dan kemudian double klik bayangan lembar kerja. Setelah muncul kotak dialog option, pilih landscape untuk posisi kertas, jenis kertas letter, klik Add page frame dan klik OK. Maka akan terbentuk rectangle sesuai dengan ukuran lembar kerja, gunakan warna merah untuk backgroundnya.

Klik segitiga kecil pada polygon tool, pilih complex star tool. Tentukan number of point dengan nilai 13 dan sharpness of star dengan nilai 3. Klik dan tahan sampai terbentuk polygon, beri warna 30% black untuk fill dan 10% black untuk hairline.


Klik segitiga kecil pada interactive blend tool, pilih interactive distortion tool. Klik dari kanan atas polygon dan drag ke kiri bawah polygon hingga polygon berubah bentuk, seperti gambar ilustrasi dibawah ini:


Atur posisi polygon, gunakan efek powerclip untuk memasukkannya ke dalam lembar kerja. Jika kalian belum tahu bagaimana menggunakan effects powerclip, anda bisa mengunjungi desain undangan simple deep rose.

Klik tanda plus (+) di kiri bawah Corel draw maka page 2 akan ditambahkan, copy background di page 1 dan paste di page 2.

Klik view -> guadlines untuk menampilkan garis bantu, klik pada vertical rules dan drag ke tengah lembar kerja maka akan muncul garis bantu. Kita tempatkan garis bantu ditengah lembar kerja dengan posisi x = 5,5” agar garis bantu tepat berada ditengah lembar kerja.

Kita buat kata “undangan” pada sisi kanan garis bantu, saya menggunakan jenis font Arial dengan ukuran huruf 48pt. Beri warna huruf dengan warna fill putih dan hairline hitam, kita beri efek shadow dengan menggunakan interactive drop shadow tool agar tulisan terlihat lebih hidup.

Kita ambil karakter love dari jenis font CommercialPi BT, copy menjadi dua bagian. Kita atur letak  salah satu karakter love sedikit ke bawah, dan kemudian kita group.

Kita copy hasil group menjadi dua bagian, kita perbesar ukuran salah satu karakter tersebut. Kita atur karakter tersebut dan seleksi keduanya. Klik back minus front tapi seblumnya kita pastikan hasil group karakter love yang kecil berada di depan.


Note: Saya menggunakan interactive countour tool untuk membuat tampilan karakter love lebih menarik. Nah, Jika kalian belum tahu bagaimana cara mamasukkan karakter, anda bisa mengunjungi Desain Undangan Akad Nikah.

Kita tulis nama kedua mempelai ditengah karakter love, dan kemudian kita buat kolom penerima.
Kita buat sebuah persegi panjang kecil yang memanjang dari kiri hingga ke tengah (menempel pada garis bantu), gunakan fountain fill tool untuk memberi warna kotak tersebut. 

Cara memberi warna menggunakan fountain fill tool yaitu klik segitiga kecil pada fill tool, pilih fountain fill tool. Pada kotak dialog fountain fill tool, pilih custom untuk color blend. Dan kemudian kita atur warna, klik kotak kecil sebelah kiri dan pilih warna orange. Lakukan hal yang sama untuk kotak kecil sebelah kanan. Double klik ditengah kedua kotak tersebut untuk menambahkan warna lain, dan kemudian gunakan warna kuning.


Kita gunakan efek powerclip untuk memasukkan persegi panjang tersebut ke dalam background, klik kanan background -> edit containts untuk mengatur persegi panjang ke posisi semula, kita bisa menggunakan garis bantu sebagai acuan posisi.

Tuliskan teks terjemah Qs. Ar-Rhum: 21 dan letakkan diatas persegi panjang, kita bisa menempatkan motif bunga diatas dan dibawah teks; saya mengambil karakter bunga dari jenis font webdings.

Buat denah lokasi, dan letakkan dibawah persegi panjang. Jika anda belum tahu bagaimana membuat denah lokasi anda bisa mengunjungi Desain Undangan Merah Daun.

Anda juga bisa menambahkan motif daun dan memasukkannya menggunakan efek powerclip serta, atur agar motif daun terletak dibawah denah lokasi.

Note: anda bisa mengimpor vector motif daun atau anda bisa membuatnya langsung di corel draw. Saya membuat motif daun langsung di Corel draw.


Kita beralih ke page 2 untuk membuat halaman dari isi undangan red rose. Saya tidak perlu menjelaskan bagaimana mendesain halaman isi undangan karena saya menggunakan prinsip yang sama seperti pada pembuatan cover undangan red rose ini. Bahkan saya copy dan paste untuk membuat desain isi undangan dari cover depan.

Kita hanya perlu mengatur tata letak isi undangan, saya letakkan teks doa Rasulullah dan kalimat “Mohon Doa Restu” diatas persegi panjang (saya menyebutnya begitu).

Sementara isi undangan mulai dari nama kedua mempelai, waktu acara, dan akad nikah, saya letakkan dibawahnya.

Note: Agar tampilan undangan red rose lebih menarik anda bisa menambahkan foto pra wedding.

Nah, Jika anda masih bingung mengenai penjelasan diatas, anda bisa download gratis file yang masih dalam bentuk ekstensi CDR untuk mempelajari lebih dalam lagi di: Desain Undangan Red Rose

Share:

0 komentar:

Post a Comment