Desain Undangan Binder Mini


Desain undangan binder mini adalah desain undangan berbentuk kecil atau mini yang memberi kesan romantis dan penuh cinta.

Warna light violet dipilih sebagai warna dasar agar terlihat sedikit elegan dan juga karena warna tersebut mendekati antara warna ungu dan pink.

Bentuk undangan kecil karena desain undangan dibuat dengan cara membagi ukuran kertas F4 menjadi empat bagian sehingga bisa lebih menghemat kertas.

Baiklah, kita segera ikuti langkah bagaimana cara membuat desain undangan binder mini tersebut.

Pertama setelah kita membuka lembar kerja Corel Draw, kita tentukan ukuran kertas F4 dengan posisi landscape, double klik rectangle tool untuk membuat background otomatis. Pilih pattern fill dialog untuk memberi motif garis pada background dengan ketentuan warna light violet untuk Front dan Deep Violet untuk Back.


Kita buat dua buah kotak dengan width 161mm dan height 104mm, beri warna light violet. Kita akan menggunakan kotak-kotak tersebut untuk halaman luar desain undangan.


Note: Gunakan garis bantu untuk mempermudah penempatan kotak-kotak tersebut.

Kita fokus pada kotak bagian kanan, insert character love dari jenis font Bookshelf Symbol 7. Copy dan paste karakter tersebut, kita perbesar salah satu karakter dan beri warna berbeda.


Untuk mempercantik karakter love, kita bisa mengambil karakter rangkaian bunga mawar pada jenis font webdings. Untuk mengubah rangkaian, klik kanan karakter dan pilih Break Curve Apart. kemudian kita ubah rangkaian sesuai dengan keinginan.


Kita tuliskan kata “Undangan” dan tanggal resepsi pernikahan di kanan atas karakter love,  dan kemudian kita buat kotak untuk kolom penerima undangan. Maka hasil akhir halaman luar untuk penerima undangan akan seperti gambar di bawah ini.


Kita beralih pada kotak kiri, kita lakukan sedikit perubahan menggunakan pattern fill dialog. Kita gunakan motif garis miring dengan warna pink untuk garis dan light violet untuk backgroundnya.

Untuk lebih mempercantik, kita bisa memasukkan karakter bunga mawar pada kotak dengan menggunakan efek powerclip.


Kita bisa mengisi kotak tersebut dengan terjemah Qs. Ar-Rhum ayat 21 dan denah lokasi, kita bisa merujuk pada materi desain undangan merah daun  untuk membuat denah lokasi.


Kita buat lagi dua buah kotak dengan ketentuan width 156mm dan height 97mm, dan kemudian beri motif garis miring dan bunga mawar pada kedua kotak tersebut.

Beri efek bayangan pada kedua kotak tersebut dengan cara mengkopi kotak tersebut, kemudian beri warna hitam dan tempatkan dibawahnya.


Kita buat kawat spiral diantara kedua kotak sehingga terkesan bahwa itu merupakan lembaran-lembaran kertas yang ada dalam sebuah buku binder. Nah… untuk membuat kawat spiral, kita bisa merujuk pada desain undangan hijau unik.

Untuk selanjutnya kita tuliskan pada kedua kotak tersebut kalimat mengenai undangan resepsi pernikahan dan akad nikah.


Itulah tahapan cara membuat desain undangan binder mini. Jika anda belum memahami betul mengenai penjelasan diatas, anda bisa download gratis file yang masih dalam ekstensi cdr dan menggunakannya untuk mempelajari lebih dalam di: desain undangan binder mini