Desain Undangan Walimatul Ursy


Desain undangan walimatul ursy adalah desain undangan yang dibuat sederhana dan terkesan resmi, desain ini biasanya dicetak menggunakan kertas tipis ukuran F4 atau A4 (putih atau berwarna).

Undangan walimatul ursy adalah undangan yang ditujukan untuk mengundang tetangga-tetangga dari orang yang mempunyai hajat. pihak yang mengundang adalah orang tua atau wali dari mempelai, biasanya undangan di sebar sehari sebelum acara hajatan.

Walimatul ursy merupakan bagian dari acara resepsi pernikahan yang bertujuan untuk mendoakan kedua calon mempelai dalam menempuh hidup baru. Walimatul ursy juga menandakan bahwa acara resepsi pernikahan telah berakhir.

Nah, bagaimana tahap-tahap pembuatan desain undanngannya, kita ikuti langkah-langkah berikut.
Kita siapkan lembar kerja dengan mengatur ukuran kertas F4 dan posisi kertas landscape.

Kita buat sebuah kotak menggunakan rectangle tool dengan ketentuan width 95mm dan height 195mm.

Kita buat sebuah kotak yang lebih kecil dengan ukuran width 95mm dan height 162mm, dan letakkan ditengah kotak yang tadi telah kita buat.

Seleksi keduanya, dan klik back minus front pada property bar.


Kita buat tiga buah lingkaran kecil dan berbeda ukuran, kita akan membuat pola batik lingkaran dan isian. Satu lingkaran kita beri warna hitam, dua lingkaran dengan ukuran besar dan kecil kita atur outlinenya dengan style titik-titik.

Kita letakkan lingkaran hitam ke dalam lingkaran besar, dan kemudian kita salin lingkaran kecil menjadi beberapa bagian dan meletakkannya di sekeliling (bagian atas) lingkaran besar.

Kita seleksi dan grup semua lingkaran, kita copy dan paste lingkaran hasil grup. Kita pisahkan hasil paste namun tetap sejajar, klik interactive blend tool. Dan kemudian klik (jangan dilepas) lingkaran hasil grup, drag ke lingkaran hasil paste tadi. Ini adalah cara lain untuk menyalin objek sebanyak yang kita kehendaki, kita gunakan number of step pada property bar untuk mengatur banyaknya hasil salinan.


Lakukan copy dan paste lingkaran hasil grup hingga terbentuk pola batik lingkaran dan isian. setelah itu kita grup semuanya.

Klik pola batik lingkaran dan isian, klik menu effects -> powerclip -> place inside container. Setelah kursor berbentuk anak panah, klik kotak yang tadi telah kita buat. Ini adalah cara memasukkan objek kedalam objek lain.

Note: Jika anda tidak mau repot-repot membuat pola batik lingkaran dan isian, anda bisa menggunakan pattern fill untuk memberi hiasan pada kotak.


Kita buat kotak lagi dan meletakkannya ditengah kotak pola batik dengan ukuran width 95mm dan height 162mm, lakukan penggunaan back minus front untuk membuatnya menjadi sebuah frame.

Lakukan cara yang sama hingga terbentuk desain seperti gambar di bawah ini.


Insert karakter bunga dari jenis font webdings dan wingdings, atur karakter tersebut dan letakkan disetiap sisi frame.

Note: saya hanya menyalin dan menumpuk pola bunga pada frame dan memperkecilnya untuk membuat garis pola bunga.


Desain undangan akad nikah telah selesai, kita hanya perlu menyalinnya menjadi tiga bagian dan mengisinya.

Pada desain pertama kita gunakan sebagai halaman depan dari undangan akad nikah, isinya meliputi kata “undangan”, nama kedua mempelai (anda bisa menggantinya dengan gambar pengantin), nama orang tua yang mengundang, dan kolom untuk mengisi nama penerima undangan.

Untuk membuat karakter love, anda bisa mengambilnya dari jenis font commercialPi BT. Sementara untuk gambar daun yang merambat ke bawah menggunakan artistic media. Sedangkan untuk membuat motif daun dan bunga, anda bisa merujuk pada materi desain undangan batik hitam.


Pada desain kedua kita isi dengan nama kedua mempelai dan waktu acara akad nikah, dan dibawahnya kita bisa mengisinya dengan kalimat dari terjemah Qs. Al Furqon ayat 54.

Pada desain ketiga kita isi dengan waktu dan tempat penyelenggaraan hajatan walimatul ursy.


Tahap pembuatan desain undangan walimatul ursy telah selesai, jika anda belum memahami penjelasan dari tahap pembuatan undangan tersebut maka anda bisa download gratis file yang masih dalam ekstensi cdr untuk dipelajari lebih lanjut di: desain undangan walimatul ursy