Menggambar bunga mawar dengan lingkaran dan segitiga

sketsa bunga mawar

Menggambar bunga mawar dengan lingkaran dan segitiga merupakan artikel pertama dalam label desain intermission, disini saya mencoba menyajikan bagaimana proses pembuatan sketsa bunga mawar yang merupakan salah satu aksesoris dalam pembuatan desain undangan.

Apa maksud dari label desain intermission? Desain intermission sendiri yaitu desain yang dibuat tidak dalam konteks membuat  undangan, namun lebih kepada cara membuat gambar pendukung untuk membuat undangan.


Sebelum saya menggambar bunga mawar menggunakan CorelDraw, saya menggambar sketsa tersebut pada selembar kertas. Saya memberi warna pada sketsa bunga, kemudian saya ambil gambar menggunakan kamera handphone dan kemudian saya memasukkan file gambar ke dalam laptop.

Kenapa harus ribet? Mungkin ini salah satu kelemahan saya dalam menggambar menggunakan CorelDraw, saya pernah mencoba menggambar bunga langsung pada CorelDraw namun saya bingung tool-tool apa yang harus saya gunakan dan imajinasi pun buyar tentang bunga mawar. Pada akhirnya saya gagal menggambar atau hasilnya tidak sesuai dengan harapan.

Sedangkan ketika saya menggambar diatas kertas, saya bisa langsung menuangkan imajinasi pada sebuah kertas karena pikiran tidak terbagi mengenai tool apa saya yang harus digunakan. Kemudian jadilah gambar bunga yang saya harapkan karena saya hanya menggunakan pensil untuk membuat gambar bunga.

Gambar bunga mawar ini pernah digunakan untuk menghias atau melengkapi desain undangan akad nikah arafah. Kita ikuti saja langsung tahap-tahap pembuatan gambar bunga mawar dengan menggunakan lingkaran dan segitiga:

  • Kita impor gambar bunga mawar terlebih dahulu dengan cara klik menu File -> Impor -> kita cari file gambar yang akan kita ambil -> klik tombol Import. Setelah itu kita klik kanan gambar tersebut dan pilih lock object, ini bertujuan agar gambar yang akan kita duplikat tidak berpindah-pindah.



  • Kita zoom atau dekatkan file gambar bunga tersebut, kita fokuskan pada pembuatan sketsa bunga. Kemudian kita buat lingkaran menggunakan ellipse tool diatas gambar salah satu mahkota bunga, usahakan besar lingkaran mendekati ukuran mahkota bunga yang telah kita pilih sebagai objek. 


  • Klik kanan lingkaran yang telah kita buat,  kita pilih convert to curves. Klik Shape Tool, kemudian kita membentuk atau mengedit lingkaran agar sesuai dengan bentuk mahkota yang telah kita pilih sebelumnya. Caranya klik dan geser titik-titik pada lingkaran, kita gunakan juga property bar dari shape tool untuk memudahkan dalam membentuk lingkaran menjadi gambar mahkota bunga.



  • Kita lakukan cara yang sama untuk membuat sketsa mahkota bunga yang lainnya, sehingga seperti gambar-gambar di bawah ini.




Kita seleksi gambar-gambar mahkota bunga yang telah kita buat, lalu kita grup sketsa tersebut. Pembuatan gambar sketsa bunga mawar telah selesai, selanjutnya kita hanya perlu memberi warna pada gambar tersebut. Saya menggunakan warna Neon red pada Fill Color dan Ruby red pada outline color.


  • Selanjutnya kita membuat sketsa daun, kita gunakan cara yang sama untuk membuat sketsa daun yaitu dengan menggambar lingkaran diatas gambar daun. 


  • Selanjutnya kita bentuk lingkaran sesuai bentuk daun yang telah kita pilih dengan menggunakan Shape Tool. Jangan lupa! Lingkaran yang telah kita buat di convert dulu dengan cara klik kanan lingkaran -> pilih Convert to Curves.



  • Kemudian kita gambar tangkai daun, kali ini kita gunakan polygon tool untuk membuat segitiga lancip. Dan interactive distortion tool untuk membuat segitiga lancip jadi melengkung.



  • Kita copy dan paste sketsa segitiga tersebut, kemudian letakkan sesuai dengan gambar tangkai daun yang akan kita duplikat.


  • Kita seleksi tangkai yang telah kita buat, kemudian kita klik weld pada property bar pick tool. Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah.


  • Selanjutnya kita hanya perlu memberikan warna sesuai dengan apa yang kita inginkan.


  • Kita lakukan dengan cara yang sama untuk membuat sketsa daun lainnya hingga sketsa bunga mawar sesuai dengan gambar yang telah kita impor sebelumnya.


Itulah langkah-langkah dalam pembuatan sketsa bunga mawar dengan lingkaran dan segitiga.

Sebenarnya banyak sekali tool-tool yang disediakan CorelDraw untuk membuat sebuah sketsa. Istilahnya “banyak jalan menuju roma”, kita hanya perlu menemukan tool mana yang nyaman atau cocok menurut kita untuk digunakan.

Anda tidak perlu mengikuti cara yang saya lakukan karena apa yang saya lakukan adalah bagaimana saya mengatasi kelemahan saya dalam membuat desain. Namun saya rasa ini cukup bisa untuk dijadikan referensi anda dalam menggambar sketsa pada CorelDraw. Terima kasih!

Komentar

Artikel Populer

Undangan 7 bulan kehamilan Anisah

Undangan tasyakuran 4 bulan kehamilan Syafiqoh

Undangan walimatul hamli Dewi Ratna

Undangan Walimatul Hamli Siti Fadiyah

Undangan Akad Nikah Nafisah

undangan walimatul hamli murningsih

Undangan Walimatul Hamli Siti Badriyah