Undangan pernikahan udin dan munah


Desain undangan udin dan munah adalah desain undangan pernikahan yang menggunakan warna dominan pink dan ukuran kertasnya menggunakan ukuran letter. Seperti biasanya, desain undangan dibuat dengan menggunakan software Corel Draw.

Kali ini saya tidak akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah pembuatan desain undangan ini karena saya sudah sering membahas pada artikel-artikel sebelumnya, saya hanya akan menjelaskan pada bagaimana cara membuat komponen gambar yang membentuknya.

Membuat gambar kotak catur



-> Kita buat kotak ukuran kecil dan beri warna hitam, copas kotak tersebut dan letakkan di kanan bawah. Seleksi kedua kotak dan klik group pada property bar. Copas kotak hasil group tadi, kemudian paste di sebelah kanan lembar kerja.

-> Klik interactive blend tool pada toolbox, arahkan kursor pada salah satu kotak yang telah kita buat (kanan atau kiri). Klik, tahan dan tarik kursor ke kotak yang lainnya, kemudian lepaskan kursor. Maka kotak akan tersalin secara otomatis.

-> Klik kanan gambar tersebut, pilih break blend group apart untuk memisahkan gambar sehingga hasil salinan tadi tidak terikat dengan kedua kotak tersebut (kanan dan kiri). Note: bisa dicoba perbedaanya sebelum kita melakukan perintah break blend group apart, caranya klik kotak (kanan atau kiri) dan geser kotak tersebut.

-> Seleksi semua kotak dan group kotak tersebut, perkecil ukurannya. Copy paste dan sejajarkan hingga membentuk garis seperti papan catur yang memanjang.

-> Klik segitiga kecil pada fill tool dan pilih fountain fill dialog, gunakan warna kuning dan orange untuk kotak tersebut dengan type radial. 

Membuat gambar garis motif bunga sederhana


-> Kita buat dua lingkaran, seleksi kedua lingkaran tersebut dan klik intersect pada propery bar. Maka lingkaran oval bersudut akan terbentuk, klik shape tool pada toolbox dan hilangkan titik sudut atas lingkaran dengan cara double klik titik tersebut. Copy paste menjadi 6 bagian dan tempatkan sedemikian rupa agar membentuk seperti bunga dan beri lingkaran kecil ditengahnya.

-> Seleksi lagi kedua lingkaran yang telah kita buat sebelumnya dan klik intersect. Kita buat segitiga menggunakan shape tool dan letakkan pada lingkaran tersebut. Seleksi lingkaran dan segitiga kemudian kita klik back minus front pada property bar, maka akan terbentuk karakter daun. Kita gunakan interactive distortion untuk menyempurnakan bentuk daun.

-> Kita posisikan masing-masing antara daun dan bunga, klik group. Kita gunakan interactive blend tool untuk memperbanyak karakter bunga hingga membentuk garis motif bunga. Note: gunakan warna chalk dan 30% black untuk outline.

Menggambar persegi panjang bergerigi


-> Kita buat persegi panjang menggunakan rectangle tool dengan ukuran kira-kira 119mm x 19mm, warnai persegi panjang dengan warna fill = walnut dan outline = break red (nilai 2 poin).

-> Klik segitiga kecil pada interactive blend tool, maka akan muncul beberapa pilihan tool. Pilih interactive distortion tool, kemudian klik zipper distortion dan tentukan nilai amplitude = 15,  nilai frequency = 25, dan klik smooth distortion. 

Menggambar love menggunakan rectangle tool


-> Klik rectangle tool dan buat persegi panjang kecil dengan ukuran 38mm x 1,6mm, gunakan warna ruby red untuk fillnya dan tropical pink untuk outlinenya.

-> Pilih interactive distortion tool pada toolbox, kemudian klik twister distortion pada property barnya. Kita letakkan kursor ditengah persegi panjang, klik (tahan) dan tarik ke bawah hingga persegi panjang membentuk seperti huruf S.

-> Kita putar 90 derajat objek tersebut, klik kanan dan pilih convert to curve. Kita modifikasi salah satu ujung objek tersebut menggunakan shape tool (toolbox), copy paste dan kita gunakan mirror (property bar) untuk membalikkan salah satu objek.

-> Kita atur letak kedua objek tersebut hingga seakan membentuk gambar love, kemudian group objek tersebut. Copy paste lagi dan geser sedikit ke bawah salah satu gambar love agar seolah terbentuk bayangan.



Hasil desain undangan sementara akan nampak seperti gambar diatas, kamu bisa baca kelanjutannya pada artikel undangan pernikahan udin munah tahap 2.Silahkan jika kamu tidak sabar ingin mengetahui lebih dalam mengenai pembuatan desain undangan ini, kamu bisa download langsung filenya di: undangan udin dan munah

Share:

0 komentar:

Post a Comment