Undangan walimatul ursy wawan winda

Undangan walimatul ursy wawan winda adalah undangan tasyakuran untuk pernikahan, nama wawan winda merupakan nama kedua mempelai. Pesanan undangan ini datang saat saya sedang tidak ada di rumah, saat itu saya sedang menghadiri tasyakuran (malam hari). Tapi memang kalau rejeki tidak akan kemana, si pemesan undangan datang lagi pada malam berikutnya.

Wuzz… jadilah saya membuat desain undangan walimahan, yuk… kita ikuti langkah-langkah pembuatannya di bawah ini:

-> Kita gunakan ukuran kertas F4 dengan posisi kertas landscape, gunakan drawing units dengan satuan millimeter.

-> Buat gambar persegi panjang dengan panjang 195mm dan lebar 95mm dalam posisi berdiri. Gunakan pattern fill untuk memberikan corak kotak tersebut, pilih gambar yang mirip anyaman tikar dan tentukan width dan heightnya 12,0mm. 

-> Double klik gambar pena (Outline color) yang berada di kanan bawah lembar kerja Corel draw, tentukan width dengan warna hitam dan nilai 4 poin.


-> Kita buat persegi panjang lagi dengan panjang 170mm dan lebar 95mm, beri warna putih dan hitam untuk outline colornya dengan nilai 4 poin. Kita letakkan di depan gambar persegi panjang yang pertama.


-> Insert character (karakter daun) pada jenis font wingdings dan beri warna hitam (90% black), perkecil ukurannya dan copy paste character daun sebanyak yang di butuhkan untuk membuat gambar yang akan di letakkan pada setiap sudut persegi panjang.

-> Gunakan mirror pada property bar untuk membalik-balikkan karakter daun, posisikan semua karakter sehingga membentuk sudut 90 derajat. Seleksi dan klik group pada property bar untuk menyatukan semua karakter, copy paste dan tempatkan pada tiap-tiap sudut gambar persegi panjang. 


-> Buatlah sebuah garis kecil dengan panjang kira-kira 5mm menggunakan rectangle tools, beri warna hitam. 

-> Klik segitiga kecil pada interactive blend tool, letaknya pada toolbox (sebelah kiri lembar kerja corel draw). Pilih interactive distortion tool, kemudian pilih twister distortion pada property barnya.

-> Klik (jangan dilepas) pada tengah-tengah gambar garis, tarik  kursor ke bawah maka garis tersebut akan membentuk lengkungan  (lepaskan). Kemudian salin (copy) garis tersebut dan gunakan mirror untuk membalikkan salah satu garis tersebut. Ambil karakter bunga pada jenis font wingdings dan letakkan di tengah-tengah, seleksi semuanya dan klik group untuk menyatukannya.


-> Copy dan paste karakter yang telah kita buat tadi, tempatkan masing-masing karakter tersebut disamping gambar daun (kanan dan kiri). Klik interactive blend tool pada toolbox, kemudian klik (tahan) pada salah satu karakter dan tarik (geser) kursor ke karakter yang lain maka akan meng-copy karakter secara otomatis.

-> Kita bisa menentukan berapa jumlah karakter yang akan di copy dengan menentukan nilai pada Number of Steps di property bar. 


-> Lakukan cara yang sama pada sisi yang lainnya hingga hasilnya seperti gambar di bawah ini


-> Seleksi semua gambar dan group, kemudian salin (copy) menjadi tiga bagian hingga gambar terlihat seperti di bawah ini


Desain undangan walimatul ursy telah selesai dibuat, kita hanya perlu menambahkan masing-masing gambar dengan isi dari undangan walimatul ursy. Jika kalian kurang memahami instruksi diatas, maka kalian bisa download file yang masih dalam ekstensi cdr untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Share:

0 komentar:

Post a Comment