Desain undangan green flowers


Desain undangan green flowers merupakan desain undangan yang menggunakan warna hijau sebagai backgroundnya. Seperti yang telah kita ketahui warna-warna hijau merupakan warna alam, kesan yang ditimbulkan adalah perasaan tenang, segar dan santai.

Gambar desain undangan dengan pola bunga tersebut terinspirasi ketika saya sedang mengunjungi rumah kakak saya. Saya melihat tepat di bawah pohon mangga terdapat bunga-bunga yang mekar, sayangnya saya tidak tahu nama bunga tersebut.

Kemudian saya mencoba untuk menggambar bunga tersebut dan mengaplikasikannya untuk desain undangan green flowers.

Anda bosan mendengar cerita? Saya juga! Hehe… Kita ikuti saja langkah-langkah pembuatan desain undangan di bawah.

Gunakan ukuran kertas A4 dengan posisi kertas landscape, tentukan unitsnya dengan satuan millimeters.

Buat kotak dengan ukuran masing-masing 50mm x 210mm, 130mm x 210mm, 117mm x 210mm, ketiga kotak tersebut untuk halaman depan desain undangan (Hal – Depan).


Tambahkan page2 untuk membuat halaman dalam dari desain undangan, buat sebuah kotak dengan ukuran 247mm x 210mm (Hal - dalam)


Buat lingkaran (oval), klik interactive distortion tool -> klik zipper distortion dan smooth distortion pada property bar. Klik kiri kursor (jangan dilepas) dan geser ke kiri sehingga terbentuk garis bergerigi pada lingkaran.


Tempatkan lingkaran yang telah kita buat diatas kotak kecil (50mm x 210mm) dan atur sedemikian rupa, kita akan membuat pola lengkungan karena desain kotak ini akan kita jadikan pengunci surat undangan pernikahan.

Seleksi lingkaran dan kotak tersebut, klik intersect pada property bar maka akan terbentuk pola baru. Kemudian kita hapus lingkaran dan kotak tersebut.


Selanjutnya kita akan memodifikasi kotak yang berada di tengah (130mm x 210mm), kita buat lingkaran  oval dan kita beri nilai angle of rotation pada propery bar dengan nilai 45. Ini kan memutar lingkaran 45 derajat, kemudian  kita copy sehingga menjadi dua lingkaran. 

Klik mirror untuk membalikkan salah satu lingkaran, kita bisa melihat gambar ilustrasi dibawah untuk lebih jelasnya.


Seleksi kotak dan lingkaran atas, kemudian klik intersect pada property bar. Maka akan terbentuk pola baru. Lakukan hal yang sama untuk kotak dan lingkaran bawah.

Kemudian seleksi pola atas yang tadi kita buat dan lingkaran bawah, kita klik back minus front pada property bar. Lakukan hal yang sama untuk pola bawah dan lingkaran atas.

Kita beri warna kotak dan kedua pola tersebut, kita gunakan tool fountain fill dialog untuk memberikan warna kedua pola tersebut. Kita bisa perhatikan gambar ilustrasi dibawah ini:


Kita tulis kata “undangan” dan tanggal resepsi pernikahan di bagian atas pada kotak bagian tengah. Gunakan warna forest green untuk tulisan tersebut, sementara jenis fontnya menggunakan CommercialScript BT dan Arial.

Untuk membuat pola tanda cinta (love) dengan bunga diatasnya, kita gunakan polygon tool untuk membuat segitiga dan interactive distortion tool (twister distortion pada property bar) untuk memodifikasi segitiga tersebut.



Sementara untuk membuat pola bunga dan daun, kita bisa menggunakan lingkaran dan memodifikasinya dengan interactive distortion tool.

Note: Untuk membuat pola bunga dan daun, anda bisa merujuk pada artikel desain undangan batik hitam.

Kita buat gambar kotak untuk penerima surat undangan pernikahan, isi round cornernya dengan nilai 25, ketebalan 2 points dan warna outlinenya avocado green.

Sementara pada kotak sebelah kanan, kita gunakan warna mint green dan memasukkan gambar bunga ke dalam kotak dengan effect powerclip. Selanjutnya kita tuliskan terjemah dari surat Ar- Rhum ayat 21, hasil akhir desain undangan halaman depan akan terlihat seperti gambar dibawah ini: 


Kita beralih ke page 2 yang telah ditambahkan sebelumnya, copy dan paste kotak yang telah kita buat sebelumnya.

Kita buat kotak lagi dengan ukuran 262mm x 198mm, gunakan interactive distortion tool untuk membuat garis kotak tersebut bergerigi.

Seleksi satu kotak dibawahnya dan kotak bergerigi tersebut, klik back minus front pada property bar. Gunakan pattern fill untuk memberi warna (faded green dan mint green). Untuk lebih jelasnya bisa melihat ilustrasi di bawah ini:


Beri warna kotak yang satunya dengan warna ghost green dan kita masukkan pola bunga menggunakan effect powerclip -> place inside container.

Kita copy pola pengunci pada page1 (hal-depan) dan menempatkannya di sebelah kanan kotak pada page 2. Rubah warnanya dengan menggunakan warna dasar faded green.

Selanjutnya kita hanya perlu menuliskan isi surat undangan pernikahan tersebut. Hasil akhir desain undangan hal-dalam akan seperti gambar di bawah ini: 


Itulah beberapa tahapan proses pembuatan desain undangan kali ini. Jika anda belum mengerti atau memahami langkah-langkah tersebut maka anda bisa mendownload gratis file yang masih dalam ekstensi CDR di: desain undangan green flowers


Share:

0 komentar:

Post a Comment