Desain Undangan Sand Bamboo


Desain undangan sand bamboo adalah desain undangan yang menggunakan warna coklat sebagai konsep pembuatannya. Meski warna coklat gelap tidak terlalu dominan, namun kesan hangat dan nyaman masih bisa dirasakan. Saya menambahkan motif anyaman bambu untuk memperkuat kesan tersebut.

Desain masih tergolong sederhana dalam pembuatannya karena masih dalam tahap untuk pembelajaran dan sebisa mungkin tahap-tahapnya bisa dengan mudah diikuti. Saya masih belum sampai ke tahap-tahap pembuatan vector atau penggunaan tool yang lebih rumit.

Nah, kita langsung saja untuk melakukan tahap-tahap pembuatan desain undangan sand bamboo ini.

Seperti biasa, kita atur lembar kerja menggunakan jenis kertas F4 dengan posisi landscape. Dan kemudian double klik rectangle tool untuk membuat background secara otomatis, beri warna sand.

Note: Untuk mempermudah pembagian cover, kita gunakan garis bantu di tengah background.

Buat persegi panjang dengan ketentuan width 330mm dan height 50,5mm dengan menggunakan rectangle tool.

Klik segitiga kecil pada fill tool dan pilih pattern fill tool, kita pilih bitmap pada kotak dialog pattern fill. Dan kemudian kita pilih bitmap motif bamboo, klik Ok.

Note: Saya menggunakan Corel Draw X3 untuk membuat desain undangan. Oh… ya, jika anda ingin tahu lebih dalam penggunaan pattern fill, anda bisa mengunjungi materi Desain Undangan Ungu Elegan dan Simple

Kita buat persegi panjang menggunakan rectangle tool dengan width 330mm dan height 14mm, beri warna walnut dan letakkan diatas anyaman bamboo.


Kita buat lingkaran oval menggunakan ellipse tool, copy menjadi dua bagian. Klik salah satu lingkaran sambil menekan shift dan drag dari kiri ke tengah hingga terbentuk lingkaran kecil, kemudian klik kanan dan lepaskan  (ini adalah cara lain dalam menyalin bentuk bangun atau desain). Klik lingkaran besar dan kecil, klik back minus front pada property bar, beri warna red brown.

Aktifkan lingkaran yang satu lagi, beri warna sand. Dan kemudian satukan dengan lingkaran hasil back minus front tadi dan group kedua lingkaran tersebut.

Kita insert character bunga, daun, dan merpati dari jenis font webding dan wingdings, kita akan membuat motif di sekeliling lingkaran. Jika anda belum tahu cara memasukkan karakter tersebut, maka anda bisa mengunjungi materi Desain Undangan Akad Nikah Simple.

Kita ketikkan nama kedua mempelai di tengah gambar lingkaran tersebut.


Kita tuliskan kata “Undangan” dan tanggal pelaksanaan resepsi pernikahan diatas gambar lingkaran dan kalimat salam untuk penerima undangan dibawah lingkaran tersebut.

Pada sisi kiri garis bantu, kita ketikkan doa Rosulullah pada saat pernikahan putrinya Fatimah Az Zahra dan Ali bin Abi Tholib. Dan kita letakkan denah lokasi di bawah kalimat doa tersebut.


Untuk membuat garis pemisah antara doa dan denah lokasi, kita gunakan polygon tool untuk membuat segitiga sama sisi. Kita putar 90 derajat segitiga tersebut, copy menjadi dua bagian. Gunakan mirror untuk membalik salah satu segitiga tersebut, sejajarkan hingga membentuk garis yang runcing pada ujung-ujungnya. Dan kemudian aktifkan keduanya dan klik weld pada property bar.


Nah, kita sudah membuat desain cover undangan tersebut. Sekarang kita akan mulai membuat bagian dalam dari undangan sand bamboo.

Klik tanda plus (+) di kiri bawah lembar kerja corel draw untuk menambahkan page 2.

Double klik rectangle tool, kemudian kita buat background page 2. Caranya sama ketika kita membuat anyaman bamboo pada cover undangan, hanya saja kita menambahkan transparansi uniform dengan starting transparency 30.


Buatlah kotak dengan ketentuan width 148mm dan height 194mm serta nilai round corner 10. Gunakan warna pale yellow untuk fill toolnya dan hilangkan outlinenya.

Klik segitiga kecil pada interactive blend tool dan pilih interactive drop shadow tool. Klik dan drag dari kiri ke kanan hingga terbentuk bayangan pada kotak tersebut, dan salin menjadi dua bagian.


Kita tuliskan terjemah Qs. Ar Rhum ayat 21, tempat dan tanggal akad nikah, serta tempat dan tanggal resepsi pernikahan. Gunakan garis pemisah diantarannya, kita bisa salin garis pemisah dari cover undangan.


Itulah berapa tahapan dalam pembuatan undangan sand bamboo. Jika anda belum memahami penejelasan diatas, maka anda bisa download gratis file yang masih dalam bentuk ekstensi cdr di: Desain Undangan Sand Bamboo



Komentar

Artikel Populer

Undangan 7 bulan kehamilan Anisah

Undangan tasyakuran 4 bulan kehamilan Syafiqoh

Undangan walimatul hamli Dewi Ratna

Undangan Walimatul Hamli Siti Fadiyah

Undangan Akad Nikah Nafisah

undangan walimatul hamli murningsih

Undangan Walimatul Hamli Siti Badriyah