Desain Undangan Hijau Unik


Desain undangan hijau unik adalah desain undangan yang menggunakan warna hijau sebagai warna dominan. Warna hijau merupakan warna alam yang memberikan kesan tenang dan nyaman. 

disini saya mencoba membuat beberapa motif termasuk pembuatan motif batik sederhana. Sehingga desain undangan hijau unik ini selain terlihat nyaman, desain undangan juga memperlihatkan kesan ceria dan unik.

Awal pembuatan desain ini adalah karena saya terinspirasi dari sebuah buku binder dan saya mencoba untuk menerapkannya pada desain undangan. Bagaimana proses pembuatannya? Kita ikuti langkah demi langkah.

Kita tentukan ukuran kertas menggunakan jenis kertas F4 dengan possisi landscape. Klik dua kali rectangle tool untuk membuat kotak secara otomatis dan sesuai dengan ukuran kertas, beri warna dark green.

Biji Kacang Mete

Buat sebuah lingkaran menggunakan ellipse tool, kita gunakan dark brown untuk warnanya. klik segitiga kecil pada interactive blend tool dan pilih interactive distortion tool. Kemudian pilih twister distortion pada property bar, klik dan drag lingkaran serta putar berlawanan arah jarum jam hingga membentuk seperti biji kacang mete.

Klik bangun yang telah kita buat tadi dan klik menu effects->powerclip->place inside container untuk memasukkan bangun tersebut ke dalam background. Kemudian perbesar dan atur posisi bangun tersebut dengan cara klik kanan background dan pilih edit contents


Pola Lingkaran

Kita buat lingkaran dan beri warna kuning, kemudian kita buat lingkaran yang lebih kecil. 

Aktifkan lingkaran kecil dan klik interactive distortion tool, klik dan drag dari titik lingkaran ke tengah tanpa dilepas. Dan kemudian putar searah jarum jam hingga lingkaran membentuk pola seperti obat nyamuk bakar.

Kita salin pola lingkaran bentuk obat nyamuk tersebut menjadi lima bagian atau sesuai selera. Kita atur letaknya seakan lingkaran saling terhubung.

Aktifkan semua pola lingkaran bentuk obat nyamuk, dan kemudian klik weld pada property bar untuk menyatukan pola tersebut.

Aktifkan lingkaran besar dan lingkaran hasil weld tadi, dan klik back minus front pada property bar.


Pola lingkaran telah jadi, kita salin menjadi beberapa bagian dan mengganti warna pada setiap pola. Dan kemudian kita masukkan pola lingkaran tersebut ke dalam background menggunakan effects powerclip.


Gunakan vertical ruler untuk membuat garis bantu, caranya klik vertical ruler dan drag ke tengah lembar kerja.

Kita tuliskan kata “undangan” dan tanggal resepsi pernikahan disebelah kanan atas lembar kerja. Dan kemudian dibawahnya kita tuliskan nama kedua mempelai, dan beri warna hijau (green) pada tulisan tersebut.

Klik rectangle tool untuk membuat sebuah kotak dengan ketentuan width 125mm dan height 68mm, beri warna ghost green kotak tersebut.

Masih pada kotak, klik interactive distortion kemudian klik zipper distortion dan smooth distortion pada property bar. Klik di tengah kotak, drag dari kiri ke kanan atau sebaliknya hingga terbentuk garis zig-zag pada sisi-sisi kotak.

Buat kolom penerima menggunakan rectangle tool dengan ketentuan width 70mm dan height 25mm, kita beri warna outline dengan warna forest green dan nilai 2pt serta nilai round cornernya 20.

Note: saya melakukan sedikit perubahan pada background menggunakan fountain fill dialog, perpaduan warna dark green dan spring green, type radial, dan nilai mid-point 75.


Kita beralih pada sisi kiri garis bantu, kita akan mengisi dengan teks doa Rosulullah dan denah lokasi namun sebelumnya kita akan membuat beberapa hiasan disini.

Pola bunga

Kita buat dua buah lingkaran menggunakan ellipse tool, kita letakkan sejajar dan berhimpit. Kita aktifkan keduanya dan klik intersect pada property bar maka akan terbentuk pola baru, kita pisahkan pola tersebut.

Gunakan polygon tool untuk membuat kerangka daun, tentukan nilai 3 pada number of points di property bar. Dan kemudian kita letakkan ditengah pola yang telah kita buat.

Seleksi keduanya dan gunakan interactive distortion tool untuk membuat pola mirip seperti daun, kemudian kita klik back minus front pada property bar.

Beri warna hijau pada gambar daun, klik interactive mesh fill tool untuk memberi warna pada beberapa titik daun dengan warna hijau tua. Caranya yaitu setelah interactive mesh fill aktif, kita klik titik mana yang akan kita beri warna dan kemudian pilih warna yang kita inginkan.

Insert karakter bunga dari jenis font wingdings, beri warna merah. Kita salin gambar daun yang telah kita buat dan kita letakkan disekeliling gambar bunga. Dan kemudian kita letakkan di bagian kiri bawah background.

Note: untuk membuat pola batik bunga, anda juga bisa merujuk pada materi desain undangan batik hitam.


Pola batik lingkaran terbuka

Buat pola batik lingkaran terbuka menggunakan spiral tool dan edit menggunakan shape tool. Kita salin pola dan menempatkannya seakan pola saling tersambung dan kemudian klik grup.

Kita salin lagi pola hasil grup dan beri warna biru muda dan hijau, untuk pola yang berwarna biru muda kita ubah outline stylenya dengan garis titik-titik.

Klik keduannya dan grup, klik menu effects -> powerclip -> place inside container dan klik pada background setelah kursor berbentuk tanda panah.

Untuk mengeditnya, klik kanan background dan pilih edit contents. Kita tempatkan pola lingkaran diatas pola bunga dan daun yang telah kita buat sebelumnya.

Note: Jika anda tertarik mengenai pembuatan pola batik lingkaran terbuka yang lebih menarik, tidak ada salahnya anda mengunjungi materi desain undangan batik hijau mini.


Kita tuliskan teks dari doa Rosulullah pada saat pernikahan putrinya Fatimah az Zahra dengan Ali bin Abi Thalib, kemudian kita tempatkan denah lokasi dibawah teks doa tersebut.

Lembaran halaman buku

Kita tambahkan page 2, buat background hijau atau kita bisa menyalinnya dari page 1 dan menghilangkan konten backgroundnya.

Buatlah sebuah kota dengan ketentuan width 150mm dan height 195mm, salin menjadi dua bagian. Pisahkan terlebih dahulu dan beri warna untuk membedakan.

Seleksi salah satu kotak yang telah dibuat, klik interactive transparency tool. Pilih transparansi type uniform dengan nilai starting transparency 70.

Masih pada kotak hasil transparansi, klik pattern fill dialog. Pada jendela pettern fill kita tentukan pilihan 2-color, pattern pola garis-garis, nilai rotate 90 derajat, dan klik Ok.


Seleksi kotak lainnya, klik interactive contour tool. Klik dan drag ke dalam pada kotak, pada property bar kita tentukan outside, nilai contour steps 15, contour offset “0,225mm”, outline 10%black, fill color 60%black.

Klik kotak hasil contour, klik crop tool dan potong sisi contour sebelah kanan. Setelah itu, kita satukan dengan kotak hasil pattern.

Kita grup keduanya dan kita salin, tempatkan disebelah kanan garis bantu. Klik mirror pada property bar untuk membaliknya.

Pengunci kertas

Buat sebuah kotak kecil dengan width 18mm dan height 2mm, tentukan nilai 100 untuk round cornernya.

Klik fountain fill, pada fountain fill dialog tentukan type linear, angle -90 derajat, dan color blend custom. Double klik pada color blend untuk menambahkan warna ditengah dan gunakan warna 30%black, hilangkan outlinenya dan klik ok.

Gunakan efek envelope untuk membuat objek kotak sedikit melengkung, dan kemudian buat lingkaran kecil disetiap ujung, beri warna hitam dan grup objek tersebut.

Kita letakkan objek ditengah-tengah sehingga terpotong oleh garis bantu, kita salin sebanyak mungkin ke bawah hingga membentuk seperti pengunci kertas pada buku binder.


Untuk selanjutnya kita buat beberapa kotak, kita buat kotak seolah sebagai pembatas sebuah coretan-coretan tulisan pribadi pada binder. 

Prinsip pembuatannya sama seperti kita membuat hiasan pada kolom penerima undangan, namun kita menggunakan warna chalk untuk fill color dan orange untuk outlinenya.

Sementara untuk membuat kesan ceria kita bisa menambahkan artistic media dan memasukkan beberapa karakter dari font, kita juga bisa memasukkan pola bunga yang telah dibuat sebelumnya.


Kita isi bagian kiri garis bantu dengan terjemah Qs. Ar Rhum ayat 21, dan dibawahnya kita isi dengan waktu pelaksaanan akad nikah.

Selanjutnya, kita isi bagian kanan dari garis bantu dengan waktu pelaksananaan resepsi pernikahan dan kalimat “mohon doa restu” di bawahnya.

Note: Untuk jenis font, saya menggunakan jenis font blackadder ITC pada setiap tulisan.

Nah itulah beberapa tahapan cara membuat desain undangan hijau unik, namun jika anda belum memahami penjelasan diatas maka anda bisa download gratis file yang masih dalam bentuk ekstensi cdr di: desain undangan hijau unik


Share:

0 komentar:

Post a Comment