Desain Undangan Batik Hitam


Desain undangan batik hitam adalah desain undangan yang menggunakan warna hitam sebagai backgroundnya, warna hitam masih menjadi warna favorit saya dalam membuat desain undangan. Disini kita juga akan belajar membuat motif batik sederhana atau motif batik dasar. Jadi sambil kita belajar membuat desain undangan, kita juga akan tahu bagaimana pembuatan batik dasar.

Kita akan membuat pola garis bergerigi yang diapit oleh pola garis lurus, kita ikuti tahap-tahap berikut ini.

Buat garis mengerucut menggunakan freehand tool, kita akan membuat pola garis bergerigi. Copy menjadi dua bagian dan pisahkan ke samping, gunakan interactive blend tool untuk membuat duplikat. Aktifkan salah satu garis yang telah kita buat tadi, klik interactive blend tool. Klik dan drag ke arah garis yang lainnya, atur number of stepnya hingga seakan garis saling terhubung membentuk pola garis bergerigi.

Setelah itu copy dan paste pola garis tersebut menjadi empat bagian, kemudian kita buat garis lurus untuk mengapitnya. Seleksi semuanya dan group pola yang telah kita buat, salin pola tersebut. Kita gunakan warna coklat untuk memberi warna pada pola.

Aktifkan salah satu pola, kemudian kita buat pola tersebut melengkung dengan menggunakan effects envelope; kita hanya perlu menarik salah satu titik setelah effects envelope aktif untuk membuat lengkungan pada pola batik garis bergerigi.


Klik dua kali rectangle tool untuk membuat kotak secara otomatis sesuai lembar kerja. Aktifkan pola dan klik effects -> powerclip  untuk memasukkan pola ke kotak tersebut, kita akan menggunakannya sebagai background

Selanjutnya kita akan membuat pola batik daun dan bunga, pembuatan pola batik ini sangat mudah karena hanya menggunakan dua buah lingkaran sebagai dasar pembuatannya.

Buat dua buah lingkaran sejajar dan berhimpit, kita seleksi keduanya dan klik intersect pada property bar. Kemudian kita pisahkan pola hasil instersect tersebut dari lingkaran, gunakan shape tool untuk mengedit pola dan atur agar pola tersebut menyerupai daun.

Buat beberapa pola segitiga menggunakan polygon tool, atur sedemikian rupa hingga terbentuk rangka daun. Aktifkan dan klik weld pada property bar untuk menyatukannya.

Satukan pola daun dan rangka daun yang telah kita buat tadi dan grup, copy dan paste menjadi beberapa daun.

Note: lakukan cara yang sama untuk membuat pola batik bunga, tambahkan lingkaran kecil dan gunakan interactive contour tool untuk memberi warna lingkaran. Oh ya, kita satukan pola daun dan bunga.


Setelah kita menyatukan pola daun dan bunga, kita letakkan di beberapa sudut background undangan batik hitam. Kita gunakan effects powerclip untuk memasukkannya ke dalam background tersebut.

Aktifkan background,  klik pattern fill dialog. Pada pattern fill dialog box Pilih 2-color, pilih bentuk pattern (usahakan pattern yang sesuai atau mirip pola batik). Beri warna 90% hitam (black) untuk front dan hitam untuk backnya.


Kita gunakan garis bantu untuk memisahkan sisi yang akan digunakan sebagai halaman luar undangan batik hitam.

Kita tuliskan kata “undangan” dengan ukuran font 72pt dan tuliskan tanggal acara resepsi pernikahan akan dilaksanakan dengan ukuran 24pt, kita gunakan warna peach untuk mewarnainya.

Kita ketikkan nama kedua mempelai dengan ukuran font 24pt dan menggunakan warna peach, kita bisa menggunakan motif daun dan bunga yang telah kita buat tadi untuk memberi hiasan disekelilingnya. 

Note: Saya menggunakan jenis font Brush Script Std, oh… ya, selain motif yang telah saya buat, saya juga mengambil karakter bunga dan burung merpati dari jenis font webdings sementara untuk proses pembuatan karakter love saya mengambil dari desain undangan red rose.

Kita buat sebuah kotak untuk kolom penerima dengan ketentuan width 70mm dan height 25mm, round corner 20, dan warna brown untuk fill color serta warna sand untuk outlinenya.

Kita ketikkan terjemahan doa dari Rasululloh SAW pada saat pernikahan putrinya Fatimah Az Zahra, dan kemudian kita letakkan denah lokasi dibawahnya. Untuk pembuatan denah lokasi, anda bisa merujuk pada materi desain undangan merah daun
.

Kita tambahkan page 2 untuk membuat halaman isi dari undangan batik warna hitam, kemudian kita copy dan paste background dari page 1 ke page 2.

Kita hanya perlu memodifikasi background dengan motif batik berbentuk daun yang telah kita buat, dan kita hilangkan motif batik berbentuk garis gerigi yang telah dilengkungkan.


Tuliskan terjemahan Qs. Ar Rhum ayat 21 pada sisi kiri garis bantu, dan tuliskan acara akad nikah di bawahnya.

Sementara untuk sisi kanan background undangan batik hitam, kita tuliskan acara resepsi pernikahan akan dilangsungkan.


Nah, itulah tahapan pembuatan desain undangan batik hitam. Jika anda kurang memahami penjelasan diatas, anda bisa mendownload gratis file yang masih dalam bentuk ekstensi cdr.

Download di:
Desain undangan batik hitam cdr


Komentar

Artikel Populer

Undangan 7 bulan kehamilan Anisah

Undangan tasyakuran 4 bulan kehamilan Syafiqoh

Undangan walimatul hamli Dewi Ratna

Undangan Walimatul Hamli Siti Fadiyah

Undangan Akad Nikah Nafisah

undangan walimatul hamli murningsih

Undangan Walimatul Hamli Siti Badriyah