Desain Undangan Batik Hijau mini


Desain undangan batik hijau mini adalah desain undangan yang menggunakan perpaduan warna hijau tua dan hijau muda. Seperti yang telah kita ketahui bahwa warna hijau menurut psikologi warna merupakan warna alam yang memberikan rasa tenang dan nyaman.

Desain undangan batik hijau mini dibuat dengan ukuran mini atau kecil karena hanya membagi ukuran kertas F4 menjadi 4 bagian, undangan akan terlihat mungil, indah dan segar.

Dalam mendesain undangan ini kita juga akan belajar membuat motif batik sederhana, motif batik ini disebut motif batik lingkaran terbuka dan isian. Untuk membuat isian, kita akan menggunakan karakter love yang terdapat pada jenis font commercialPi BT.

Langsung saja pada pokok pembahasan, kita pilih jenis kertas menggunakan ukuran F4 dengan posisi landscape, dan kemudian buat garis bantu menggunakan rules sehingga kertas terbagi menjadi empat bagian.

Double klik rectangle tool untuk membuat kotak secara otomatis, klik segitiga kecil pada fill tool, pilih pattern fill dialog.

Pada pattern fill dialog pilih 2-color, pilih motif pattern bentuk garis bergerigi miring. Gunakan warna spring green untuk front color dan forest green untuk back colornya. Sementara untuk width dan height kita beri nilai 25mm.


Kita buat kotak kecil dengan ukuran width 156mm dan height 95mm, beri warna light green.


Kita akan membuat motif batik lingkaran dan isian, buat motif batik lingkaran terbuka dengan cara klik polygon tool dan pilih spiral tool. Dan kemudian klik dan drag hingga membentuk lingkaran terbuka. 

Untuk membuat isian motif batik, kita insert karakter love dari jenis font CommercialPi BT. Kita salin menjadi dua karakter love, perkecil salah satunya dan letakkan ditengah karakter love lainnya (beri warna hitam untuk karakter love kecil).

Salin motif lingkaran terbuka yang telah kita buat dan letakkan disekeliling karakter love (lakukan cara ini hingga motif lingkaran terbuka dan isian memenuhi kotak kecil). kita gunakan effects powerclip untuk memasukkan motif batik tersebut ke dalam kotak.


Klik edit contents untuk mengedit effects powerclip, kita buat kotak diatas motif batik. Beri warna spring green, kita gunakan efek transparansi uniform dengan starting transparency 50.

Kita copy kotak hasil tranparansi dan paste ditempat yang sama, klik fountain fill dialog. Pilih type radial dan klik Ok.

Klik kanan pada kotak, klik finish editing this level untuk kembali ke lembar kerja.


Kita salin menjadi empat bagian dan meletakkannya pada masing-masing bagian.


Kita akan mulai mengisi keempat bagian dari undangan batik hijau mini ini, dan dimulai dari bagian kanan atas dari garis bantu.

Kita buat tuliskan kata “Undangan” dan tanggal resepsi pernikahan akan diselenggarakan.

Kemudian kita buat kolom penerima dibawah kata “Undangan”, gunakan rectangle tool untuk membuat kolom penerima dengan warna green mint untuk fill color dan dark green untuk outlinenya dengan ketebalan 2pt.

Kita insert character love dari jenis font CommercialPi BT, perbesar karakter love dan kita letakkan di sisi kanan kata “Undangan”.  Copy dan paste karakter love dan perkecil salah satu karakter love, dan beri warna green mint untuk love kecil dan dark green untuk love besar.

Tuliskan nama kedua calon mempelai ditengah-tengah karakter love, dan kemudian beri hiasan bunga diatas karakter love.

Note: Saya menggunakan artistic media  untuk membuat motif daun yang merambat ke bawah, sementara untuk pembuatan motif bunga anda bisa merujuk pada materi desain undangan batik hitam.


Lanjut, kita beralih ke kolom kiri atas, disini kita isi dengan kalimat terjemah Qs. Surat Ar Rhum ayat 21. Dan kemudian di bawah kalimat terjemah tersebut kita tuliskan kalimat mohon doa restu.

Sementara dikanan bawah kalimat terjemah, letakkan denah lokasi atau tempat acara pernikahan di selenggarakan.

Note: Untuk background denah lokasi, saya membuatnya dengan rectangle tool dan menggunakan effects envelope untuk mengaturnya. Sedangkan untuk cara pembuatan denah lokasi, anda bisa merujuk ke materi desain undangan merah daun.


Kita lanjut ke tahap pengisian kolom kiri bawah dan kolom kanan bawah, kita akan gunakan kolom tersebut sebagai bagian dalam atau isi undangan batik hijau mini.

Kita insert beberapa karakter bunga dan daun dari jenis font webdings dan wingdings, atur sedemikian rupa dan grup. Dan kemudian kita salin menjadi empat bagian dan meletakkannya pada sudut-sudut kedua kolom tersebut.

Tuliskan kalimat undangan resepsi pernikahan akan diselenggarakan pada kolom sebelah kanan, dan tuliskan kalimat undangan akad nikah akan dilaksanakan pada kolom sebelah kiri.


Desain undangan batik hijau mini sudah selesai kita buat, jika anda kurang memahami penjelasan atau tahap-tahap pembuatan desain undangan tersebut maka anda bisa download gratis file yang masih dalam bentuk ekstensi cdr untuk dipelajari lebih dalam lagi  di: desain undangan batik hijau mini atau mirror hijau mini

Share:

0 komentar:

Post a Comment