Desain Undangan Ungu Elegan dan Simpel


Sekarang saya akan berbagi bagaimana cara membuat desain undangan ungu elegan dan simpel, saya membuat desain semudah mungkin seperti biasa agar anda mudah untuk mempelajarinya. Saya menggunakan perpaduan warna dominan ungu dan orange dalam membuat desain undangan kali ini.

Menurut yang saya pelajari tentang psikologi warna, perpaduan warna orange dan warna ungu atau orange dan biru akan memberikan kesan unik dan berkelas. Saya menggunakan pedoman itu untuk mendesain undangan agar undangan terkesan elegan namun mudah dalam pembuatannya sehingga tidak membutuhkan waktu lama.

Kita juga akan menggunakan karaker-karakter yang telah disediakan Corel Draw untuk membuat motif-motif sebagai hiasan. Sehingga kita tidak perlu mengimpor motif-motif dalam bentuk vektor atau yang lainnya.

Baiklah, kita langsung pada pokok pembahasan bagaimana cara membuat desain undangan ungu elegan dan simpel.

Setelah kita buka lembar kerja Corel Draw, atur ukuran kertas menggunakan F4 atau A4; Saya pribadi menggunakan ukuran kertas F4.

Klik dua kali Rectangle Tool, maka sebuah kotak (rectangle) akan terbentuk secara otomatis. Kita gunakan bangun tersebut sebagai background undangan ungu.

Klik segitiga kecil pada Fill Tool dan pilih Pattern Fill Dialog, maka akan muncul kotak dialok Patttern Fill. Pilih 2-color pilih pattern yang akan digunakan dan ganti warna pada back dengan warna ungu. Tentukan size dengan ketentuan width 25mm dan height 25mm, lihat gambar ilustrasi dibawah ini:


Kita isi dengan teks doa Rasullullah, atau kita bisa memasukkan teks jika kita sudah mempersiapkan teks sebelumnya sehingga kita bisa menghemat waktu tanpa harus mengetik ulang setiap kali kita membuat desain undangan. Bagaimana cara memasukkan teks? Anda bisa mengunjungi artikel Desain Undangan Simpel Deep Rose

Setelah itu, kita buat motif untuk memberi  sedikit hiasan diatas dan dibawah teks doa Rasulullah.
Buat sebuah kotak dengan ukuran width 210mm dan height 110mm, kita tempatkan ditengah-tengah lembar kerja dengan posisi x: 105mm dan y: 165mm. Kita buat sebuah kotak lagi dengan ukuran yang lebih kecil, seleksi kedua kotak tersebut dan gunakan back minus front. Jika anda belum mengerti tentang back minus front, anda bisa mengunjungi artikel Desain Undangan Simple Kuning

Kita beri pattern yang sama seperti pada background, hanya saja kita merubah warna front dengan warna orange dan back dengan warna Light orange. Dan kemudian kita tentukan ukuran width dan height dengan 12mm.


Kita buat sebuah kotak dengan ukuran sama, dan kita insert karakter bunga dan daun dari jenis font wingdings. Dan kemudian atur sedemikian rupa dengan menggunakan warna brick red, lalu gunakan effects Powerclip untuk memasukkan karakter tersebut ke dalam kotak yang telah kita buat tadi.


Buat sebuah kotak dengan ukuran width 210mm dan height 50mm, beri warna orange kotak tersebut dan warna kuning untuk outlinenya dengan width 2pt. Kita insert karakter daun dari jenis font wingdings, kemudian kita masukkan karakter daun ke dalam kotak tersebut dengan effects powerclip, namun sebelumnya kita beri warna ungu karakter tersebut.

Klik kanan kotak tersebut, dan klik edit contents. Copy dan paste hingga memenuhi kotak tersebut, klik kanan dan klik finish editing this level.

Insert karakter love dari jenis font bookshelf symbol, copy dan paste ke kanan bawah. Group karakter tersebut, copy menjadi tiga bagian.

Gunakan satu bagian dan kita tempatkan karakter tersebut diatas kotak yang telah kita buat. Seleksi kotak dan karakter lalu klik back minus front pada property bar.

Perkecil satu karakter love yang telah kita group tadi, letakkan diatas karakter love lainya. Dengan cara yang sama kita gunakan back minus front lagi. Beri warna Powder blue untuk fill color dan 70% black dengan outline 1pt, transparency uniform dengan nilai starting transparency 10.


Dengan cara yang sama seperti sebelumnya kita buat kotak ketiga untuk menempatkan denah lokasi, cara membuat denah lokasi ada pada artikel Desain Undangan Merah Daun

Saya membuat sebuah lingkaran untuk background denah lokasi dengan effects envelope dan shadow untuk memodifikasinya.


Kita sampai pada bagaimana membuat desain bagian dalam undangan ungu tersebut, klik tanda plus (+) untuk menambahkan page 2.

double klik Rectangle Tool maka secara otomatis akan terbentuk kotak sesuai dengan lembar kerja.
Klik pattern fill tool, pilih 2-color dan bentuk patternnya dengan warna front 80% black dan back dengan warna pink. Dan kemudian kita beri transparency uniform dengan starting transparency 50.


Buat sebuah kotak dengan ukuran width 210mm dan height 110mm dan sebuah kotak dengan ukuran width 210mm dan height 220mm dibawahnya, kita gunakan cara yang sama untuk mendesain bagian dalam undangan ini.

Import teks terjemahan dari Qs. Ar-Rhum ayat 21 dan import teks isi dari undangan pernikahan.


Itulah tahapan pembuatan desain undangan ungu elegan dan simpel, jika anda masih belum memahami penjelasan diatas maka anda bisa download gratis file yang masih dalam bentuk ekstensi CDR untuk mempelajari lebih dalam lagi di: Desain Undangan Ungu Elegan 

Share:

0 komentar:

Post a Comment