Desain Undangan Simpel Kuning


Kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara membuat desain undangan simpel kuning. Kita tidak akan banyak bermain dengan warna karena tujuan pembuatan desain ini adalah undangan murah, bisa dicetak dengan biaya rendah bahkan kita bisa menggunakan kertas biasa ukuran F4.

Kita mulai dengan membuka aplikasi Corel Draw dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Klik dua kali Rectangle tool, maka rectangle (kotak) akan terbentuk secara otomatis. Hal ini dilakukan untuk membuat ukuran rectangle sesuai dengan lembar kerja.  Untuk memastikannya kita bisa memberi warna sesuai dengan keinginan kita, saya menggunakan warna kuning untuk backgroundnya.

Kita buat kotak 1 dengan ukuran 210 mm x 90 mm, letakkan dibawah. Dan kemudian buat kotak 2 dengan ukuran 210 mm x 215 mm diatasnya.

Buat dua kotak dan satu lingkaran di tengah kotak 2, kita seleksi ketiga bangun tersebut menggunakan Pick tool dengan cara tekan Shift dan klik kiri bangun-bangun tersebut; kita akan menggunakan property bar weld. Kemudian klik weld pada property bar, sebelumnya atur ketiga bangun tersebut sehingga hasilnya seperti gambar dibawah ini:


Setelah itu seleksi bangun hasil weld dan kotak 2, kemudian klik Back Minus Front (letaknya sejajar dengan weld) pada property bar.

Kemudian kita beri pattern masing-masing pada kotak 1 dan 2, saya menggunakan pattern berbeda pada kedua kotak tersebut. Caranya, klik segitiga kecil pada Fill tool, dan pilih pattern fill dialog. Dan hasilnya seperti gambar dibawah ini:


Sebelum membuat kolom penerima pada kotak 1, saya membuat sebuah kotak  untuk memberikan efek kolom penerima menyatu pada background dengan menggunakan cara yang sama seperti pada kotak 2 yaitu teknik Back Minus Front.

Kita buat kolom penerima, gunakan Rectangle tool untuk membuatnya dan sesuaikan ukuran. Pada property bar, isi round cornernya dengan nilai 25, maka akan terbentuk lengkungan pada sisi-sisinya.
Buat kata “Undangan” disebelah kiri kolom penerima, gunakan jenis font CommercialScript BT dengan ukuran 36 pt. Untuk membuat kata undangan seakan tertulis pada sebuah pita, saya membuat sebuah kotak dan memodifikasinya dengan Effects Envelope. Caranya, Klik menu Effects dan pilih Envelope, maka akan muncul property Envelope pada sisi kanan lembar kerja Corel Draw. Klik Add preset, pilih contoh efek sesuai keinginan.

Gunakan jenis font webdings dan wingdings untuk mengambil karakter daun dan bunga, buatlah motif bunga pada sisi kiri kata “Undangan”. Saya sudah membahas cara mengambil karakter atau simbol pada artikel desain undangan akad nikah simple hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini:


Pada kotak 2, kita mulai membuat kalimat-kalimat isi undangan tersebut. Agar desain pada kotak 2 tidak terlihat hambar, kita bisa membuat motif-motif sesuai dengan keinginan kita. Karena konsepnya undangan sederhana, saya membuat motif sesederhana mungkin agar anda mudah untuk membuat atau mengembangkannya.

Kita isi diatas kotak 2 dengan nama kedua calon mempelai. Hasil akhir undangan simpel kuning akan tampak seperti gambar dibawah ini:


Langkah selanjutnya, kita akan membuat bagian luar undangan simpel tersebut. Tambahkan atau add page untuk membuat bagian luar dengan cara klik tanda plus (+) pada kiri bawah jendela Corel Draw atau pada sisi kiri Page 1.

Buatlah sebuah kotak dengan ukuran 110 mm x 210 mm, letakkan  di tengah lembar kerja dengan jarak 90 mm dari atas.

Kita isi dengan kalimat doa Rasulullah SAW, dan di bawah doa tersebut kita isi dengan alamat rumah mempelai putra atau putri. Contoh: Komplek perumahan Sari Asri - Jl. Raya Mangga Gg. 12 Balapulang, Tegal (alamat palsu). Kira-kira seperti gambar dibawah ini:


Agar isi undangan lengkap dan detail kita bisa menambahkan denah lokasi  dan ayat-ayat yang berhubungan dengan pernikahan dibawah kalimat doa Rasulullah SAW. Dengan catatan, tulisan harus terbalik sehingga setelah kita melipat undangan maka orang bisa membaca bagian luar undangan tanpa harus memutar undangan tersebut, secara teknis seperti itu.

Jika anda masih bingung mengenai penjelasan diatas, anda bisa download filenya di : Desain Undangan Simpel Kuning atau Undangan simple kuning 2


Note: Warna background kuning bukanlah suatu keharusan karena hanya sebagai ilustrasi bahwa kertas yang digunakan untuk mencetak undangan adalah kertas warna kuning. Jadi, kita harus menghilangkan warna kuning sebelum mencetak undangan.

Share:

0 komentar:

Post a Comment