Desain Undangan Simpel Deep Rose


Kita akan belajar bagaimana membuat desain undangan simpel deep rose, undangan simpel deep rose tergolong sangat sederhana dalam pembuatannya. Bahkan lebih simpel dari desain undangan yang lainnya karena saya tidak memberikan banyak efek untuk desain bagian dalam undangan.

Sebelum kita mulai mendesain, kita tentukan ukuran kertas terlebih dahulu. Saya menggunakan kertas ukuran A4 dengan posisi landscape.

Buat sebuah kotak dengan ukuran width 60mm dan height 210mm, dan beri nilai 50 pada Left rectangle corner roundness untuk membuat lengkungan pada sisi kiri kotak tersebut.

buat dua buah kotak di sebelahnya dengan ukuran masing-masing width 118,5mm dan height 210mm. Beri warna deep rose pada ketiga kotak tersebut, seperti gambar dibawah ini:


kita mulai membuat hiasan pada background  undangan simpel tersebut, saya akan membuat hiasan sesimpel mungkin agar mudah di pelajari. Kita akan memulainya dengan menghias kotak kecil terlebih dahulu, gunakan karakter daun dan bunga yang terdapat pada Webdings font dan Wingdings font. Jika anda belum mengerti bagaimana cara memasukkan karakter, anda bisa mengunjung materi desain undangan akad nikah simpel

Dengan menggunakan Freehand Tool, buatlah sebuah garis lengkung. Jika anda merasa bahwa garis lengkung kurang menarik, anda bisa mengeditnya dengan menggunakan Shape Tool. Copy dan paste garis sehingga menjadi tiga bagian.

Atur sedemikian rupa karakter daun, bunga, dan garis lengkung kemudian seleksi  dan group karakter tersebut.

Note: Beri warna karakter tersebut sebelum di group, disini saya menggunakan warna ungu.

Klik karakter tersebut, gunakan effects -> power clip -> place inside container untuk memasukkanya ke dalam kotak


Selanjutnya copy kotak sebelahnya dan paste di tempat yang sama, kita akan membuat kolom untuk penerima undangan simpel tersebut.

Buat sebuah kotak yang lebih kecil sisi kiri dan kanannya, seleksi kedua kotak tersebut. Dan kemudian pada property bar, klik back minus front. Jika anda belum mengerti maksudnya, anda bisa mengunjungi materi desain undangan simpel kuning.

Jika sudah, kopikan hasilnya ditempat yang sama. Kemudian gunakan pattern fill untuk memberi pattern, beri pattern motif bunga atau sesuai keinginan anda. Setelah itu gunakan interactive transparency tool, pilih uniform dengan nilai starting transparency 50.


Buat sebuah kotak dengan ukuran width 118mm dan height 107mm, gunakan effect envelope untuk membuat lengkungan sisi atas dan sisi bawah. Copy dan paste bangun tersebut sehingga menjadi tiga bangun yang sama.

buatlah salah satu hasil kopian lebih kecil dan gunakan back minus front. Gunakan warna putih, dan kemudian beri effek shadow dan transparency.

Masukkan karakter bunga untuk bangun bangun sisanya, beri warna ungu untuk bangun tersebut. 
Insert karakter love yang terdapat pada jenis font Webdings, kopi menjadi tiga bagian. Gunakan teknik yang sama untuk memodifikasinya.


Note: Saya menambahkan interactive contour untuk love kecil dengan menggunakan outside, nilai 3 pada contour step, 0,175mm contour offset, counterclockwise contour colors, magenta untuk outline colour, dan pastel blue untuk fill colour.

Untuk menghias kotak ketiga, kita tidak perlu banyak menggunakan effek. Saya hanya menggunakan effects -> powerclip untuk memasukkan karakter bunga dengan warna ungu. Dan kemudian memasukkan teks dari terjemahan Qs. Ar-rhum : 21 dan teks “Mohon Doa Restu” dibawahnya.


Selanjutnya kita akan membuat bagian dalam undangan, saya membuat desain jauh lebih simpel dari bagian depan undangan.

Klik tanda plus (+) untuk menambahkan halaman (page) lembar kerja, maka page akan bertambah dengan nama page 2.

Kita copy kotak kecil desain pada bagian depan undangan simpel tersebut, paste pada page 2.

Klik kanan kotak tersebut, pilih edit contents. Ubah warna karakter bunga dengan warna light purple.
Buat kotak besar dengan width 237mm dan height 210mm, copy dan paste kotak tersebut. Beri warna deep rose pada kotak.

Dengan teknik yang sama seperti ketika membuat hiasan sisi kolom penerima yaitu back minus front, buatlah hiasan untuk sisi atas dan bawah kotak tersebut. 

Masukkan karakter bunga dengan menggunakan warna light purple.


Langkah terakhir kita import teks isi undangan, cara import teks undangan yaitu kita buat teks undangan terlebih dahulu, simpan dengan ekstensi file txt.

Kita kembali pada lembar kerja corel draw, pilih Text Tool dan klik pada area yang akan disisipi teks.
Klik menu file dan klik import, cari file teks undangan dan klik import. Maka akan tampil kotak dialog Importing / Pasting Text dengan tiga pilihan, pilih salah satunya.

Note: Maintain fonts and formatting dipilih jika kita tidak ingin mengubah jenis font dan format teks, Maintain Formating only dipilih jika kita bermaksud mengubah jenis font tanpa mengubah format teks. Discard font and formatting jika kita akan merubah format dan jenis font / teks.


Setelah kita import teks undangan, atur tata letak teks tersebut. 

Desain undangan simpel deep rose telah selesai kita buat. Jika anda masih belum mengerti mengenai penjelasan diatas, anda bisa download gratis filenya di: Desain undangan Simple Deep Rose


Share:

0 komentar:

Post a Comment