Desain Undangan Merah daun



Desain undangan merah daun adalah desain undangan yang menggunakan perpaduan warna merah dan biru. Menurut psikologi warna, warna merah menunjukkan gairah dan energi. Namun dalam sisi negative warna merah menunjukkan kekerasan dan kecemasan jadi saya padukan dengan warna biru untuk menetralkan.

Desain undangan merah tersebut merupakan desain undangan yang simpel. Nah tanpa basa-basi lagi kita mulai dengan menentukan ukuran lembar kerja, disini saya menggunakan ukuran kertas A4.

Double klik Rectangle Tool, maka kotak akan terbentuk secara otomatis sesuai ukuran lembar kerja. Klik Fill tool, pilih Pattern Fill dialog. Kita tentukan pattern yang akan digunakan, dan kemudian atur width 100mm dan Height 100mm. setelah itu kita atur transparansi dengan menggunakan Transparency Tool, gunakan uniform dan isikan nilai 80 pada starting transparency-nya.

Double klik rectangle tool, gunakan warna merah untuk kotak tersebut. Nah, background undangan  merah sudah selesai, hasilnya seperti gambar dibawah ini:


buat dua buah kotak dengan masing-masing ukuran  210mm x 99mm dan 197mm x 89mm, atur agar kotak kecil berada ditengah. Kita seleksi keduanya, kemudian klik back minus front pada property bar maka akan terbentuk sebuah bingkai. Kita copy & paste bingkai tersebut ditempat yang sama, beri pattern untuk bingkai pertama dan kita gunakan warna biru dengan tranparansi 50 pada bingkai kedua. Letakkan sejajar kemudian group bingkai tersebut, copy bingkai dan paste-kan dibawahnya. Dibawah ini adalah hasil pembuatan bingkai:

Note: Ukuran pembuatan kotak  dalam desain corel draw adalah lebar (width) x tinggi (height), misal 99mm x 210mm artinyan lebar 210mm dan tinggi 99mm.

Kita akan mengisi bingkai-bingkai tersebut, kita mulai pada bingkai paling atas. Buatlah bingkai kecil dengan warna biru dan gunakan effects power clip untuk memasukkan vector atau karakter daun. Jika anda belum tahu cara menggunakan effect power clip, anda bisa kunjungi Desain Undangan Simpel Deep Rose

buat sebuah kotak yang lebih kecil lagi, kotak ini akan digunakan sebagai background tulisan. Kita gunakan effects -> envelope untuk memodifikasinya, atur sedemikian rupa. Dan kemudian klik Interactive Transparency Tool, Drag dari kiri ke kanan.

Setelah itu kita mengisi bingkai tersebut dengan doa Nabi Muhammad SAW, hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini:


Dengan menggunakan cara yang sama kita isi bingkai kedua dan ketiga, saya membuat kotak transparan dan memasukkan vector atau karakter daun dengan effects -> Power clip untuk bingkai kedua dan ketiga. Hasil akhir bagian depan undangan telah selesai, gambar akan tampak seperti dibawah ini:


Tiba saatnya kita membuat bagian dalam undangan merah ini, kita akan mengisi bagian dalam dengan teks undangan dan denah lokasi. Klik tanda plus (+) untuk menambah halaman (page) lembar kerja, terletak disebalah kiri bawah jendela Corel draw atau sisi kiri tulisan page 1.

buat sebuah kotak dengan ukuran 210mm x 189mm, buatlah bingkai dengan kotak tersebut dengan cara yang sama pada saat kita membuat bagian depan undangan. Jangan lupa membuat background untuk teks undangan, anda bisa lihat gambar dibawah ini:


Untuk denah lokasi, buat bingkai dibawah bingkai teks undangan, saya pribadi membuat sisi kiri bingkai lebih besar dari sisi sebelah kanan. Dan kemudian saya membuat  background untuk menempatkan denah lokasinya.

Buatlah berbagai ukuran persegi panjang, kita akan menggunakan bangun-bangun tersebut sebagai jalan. kita seleksi semua bangun tersebut, klik weld pada property bar. Jika anda belum tahu caranya, anda bisa mengunjungi desain undangan simple kuning.

Kemudian buatlah bangun sebagai simbol tempat-tempat umum untuk acuan menuju lokasi. Setelah semua selesai, seleksi jalan, symbol tempat-tempat umum. Dan kemudian klik group, lihat gambar dibawah ini:


Note: Untuk membuat denah lokasi, kita perlu memperhatikan jalan-jalan menuju lokasi dan pastikan orang-orang bisa membaca dan mengerti, kita tidak ingin tamu undangan tersesat, bukan? Biasanya berpatokan pada jalan-jalan raya sehingga orang tahu wilayahnya dan jalan-jalan utama menuju lokasi serta tempat-tempat umum sebagai acuan, seperti masjid, sekolah dan lain-lain.

Jika kalian kurang memahami penjelasan dari tahap-tahap pembuatan desain undangan merah daun diatas, anda bisa download gratis filenya di: Desain Undangan Merah Daun

Desain undangan merah daun telah selesai, namun kita perlu membalik bingkai yang berisi doa Rasulullah dan bingkai yang berisi ayat dari surat Ar-Rhum sebelum mencetak desain tersebut.

Komentar

Artikel Populer

Undangan 7 bulan kehamilan Anisah

Undangan tasyakuran 4 bulan kehamilan Syafiqoh

Undangan walimatul hamli Dewi Ratna

Undangan Walimatul Hamli Siti Fadiyah

Undangan Akad Nikah Nafisah

undangan walimatul hamli murningsih

Undangan Walimatul Hamli Siti Badriyah