Desain Undangan Biru Elegan dan Sederhana


Desain undangan biru elegan dan sederhana adalah desain undangan yang sederhana dalam pembuatannya dan sama seperti desain pada artikel sebelumnya meski tidak terlalu cepat dalam proses pembuatannya. Arti sederhana disini bahwa undangan tidak terlalu mewah untuk dikomersilkan karena dalam pembuatannya saya merujuk atau terinspirasi dari undangan pernikahan yang saya dapatkan (menurut pemikiran saya).

Saya gunakan warna biru sebagai warna dominan untuk desain kali ini, warna biru menurut  psikologi warna yang telah saya pelajari memberikan efek ketenangan, mengatasi kecemasan dan efek positif lainnya. Nah, karena saya tidak terlalu suka basa-basi, langsung saja ikuti langkah dibawah ini.

Buat sebuah kotak (rectangle) sesuai lembar kerja dengan cara klik dua kali rectangle tool, klik segitiga kecil pada fill tool dan pilih pattern fill dialog. Pilih pattern yang dikehendaki dan isikan pada size dengan ketentuan width 12mm dan height 12mm.

Klik interactive blend tool dan pilih interactive transparency tool, pilih uniform dan isikan nilai 80 pada starting transparency.

Buat sebuah kotak dengan ukuran sama, kemudian gunakan warna cyan untuk mewarnainya.

Kita akan mulai membuat halaman penerima undangan biru elegan, buat sebuah kotak dengan ukuran 210mm x 110mm. Masukkan pattern, pilih full color pada jendela pattern fill, kemudian pilih pattern yang dikehendaki dan isikan pada size dengan ketentuan width 12mm dan height 12mm.

Buat sebuah kotak lagi dengan ukuran 210mm x 90mm, atur letaknya dengan kotak sebelumnya. Seleksi keduanya menggunakan pick tool. Kemudian Pada property bar klik back minus front, hasilnya seperti gambar dibawah ini:


Note: Jika anda belum mengetahui mengenai contoh penggunaan back minus front, anda bisa baca pada artikel Desain Undangan Simple Kuning

Buat sebuah kotak lagi dengan ukuran 210mm x 110mm, insert karakter bunga tapi sebelumnya gunakan jenis font webdings untuk mengambilnya. kita beri warna bunga dengan warna ungu, kemudian perbesar ukurannya. Setelah itu klik menu Effects -> Power clip -> Place inside container, klik pada kotak tadi maka karakter bunga akan masuk pada kotak tersebut.


Note: Untuk mengedit karakter, klik kanan kotak dan pilih edit contents. Sesuaikan! Gambar akan terlihat seperti diatas

Desain halaman penerima undangan biru elegan dan sederhana sudah selesai, kita tinggal membuat kolom penerima, nama kedua mempelai, tanggal pelaksanaan, dan kata “Undangan”. 


Tahap selanjutnya kita akan membuat halaman untuk denah lokasi, tapi sebelumnya kita perlu mendesain halamannya.

Buat sebuah kotak lagi dengan ukuran 210mm x 110mm, saya tidak perlu menjelaskan lagi cara memasukkan karakter-karakter pada sebuah kotak, bukan? Kita juga bisa menggunakan imajinasi untuk membuat karakter-karakter lebih menarik. 

Buat sebuah kotak yang lebih kecil, tempatkan ditengah-tengah. Kemudian siapkan denah lokasi dan isi dengan doa Rasulullah pada sisi kanan denah lokasi. Gunakan effects -> envelope untuk mememodifikasinya. 

Pada halaman di bawah denah lokasi kita isi dengan kalimat “Mohon Doa Restu”, beri effect bayangan kalimat tersebut, kita tidak perlu membuat banyak desain pada halaman ini. Dan hasil halaman depan undangan biru elegan akan seperti gambar dibawah ini:


Desain halaman depan sudah selesai, kita buat halaman untuk isi undangan tersebut. Gunakan cara seperti sebelumnya untuk mendesain halaman isi undangan biru elegan dan sederhana.

Setelah semuanya selesai kita tinggal mencetak namun sebelumnya kita harus melakukan gladi resik / fitting undangan, istilahnya begitu. Kita perlu membalik desain halaman penerima dan halaman “Mohon Doa Restu”.

Jika anda masih belum mengerti mengenai penjelasan diatas, anda bisa download gratis filenya di: Desain Undangan Biru Elegan dan Sederhana


Share:

0 komentar:

Post a Comment