Desain Undangan Akad Nikah Simple


Berawal dari usaha printing sederhana yang saya lakukan, proyek pertama yaitu membuat desain undangan walimatul khamli. Kebetulan kakak ipar saya akan mengadakan acara tersebut, kemudian ibu meminta saya untuk membuat undangannya.

Saya menjadi tertarik untuk membuat desain undangan pernikahan, kali ini saya akan membuat desain undangan untuk akad nikah. Ini bukan desain undangan pertama, tapi saya pastikan ini postingan pertama saya mengenai desain undangan pernikahan. Karena saya masih belajar, saya membuat desain tersebut secara sederhana.

Undangan akad nikah biasanya ditujukan kepada laki-laki yang di undang untuk menyaksikan Ijab Qabul dan mendoakan kedua mempelai, biasanya di adakan di kediaman mempelai putri. Undangan di desain secara sederhana dan di cetak menggunakan kertas biasa dengan ukuran F4. Maka dari itu sebelum membuat desain, atur terlebih dahulu ukuran kertas di Corel Draw menggunakan ukuran F4; saya anggap anda sudah membuka aplikasi Corel Draw.

Berikut cara membuat desain undangan akad nikah dengan Corel Draw:

Buat dua buah kotak sebagai background dengan ukuran masing-masing adalah width 196 mm x 93 mm dan 196 mm x 195 mm, setelah itu klik segitiga pada fill tool di toolbox dan klik pattern fill; pilih pattern yang di kehendaki. Gambar background akan tampak seperti di bawah ini:


Buat tiga kotak dengan warna putih dan atur letaknya, seperti gambar dibawah ini:


Saya mulai membuat gambar-gambar untuk mempercantik tampilan desain, saya menggunakan karakter atau simbol sederhana. Klik menu bar text, pilih Insert Symbol Character. Maka properties insert character akan muncul disebelah kanan, dan kemudian saya menggunakan webdings font dan windings font untuk mengambil beberapa karakter.


Saya atur sedemikian rupa dengan cara memutar, memperbesar, mengkopi, dan menata karakter-karakter tersebut. Dibawah ini adalah beberapa karakter yang saya gunakan untuk menghias desain undangan serta hasilnya:


Pada kata “undangan” saya menggunakan jenis font Brush Script std dan ukuran 36 pt, sedangkan untuk kata “Akad Nikah” saya menggunakan jenis font Times New Roman dan ukuran 16 point.

Saya mulai membuat isi dari undangan tersebut, saya menggunakan Arial untuk jenis font dengan ukuran 12 pt. Sementara ukuran 24 pt untuk nama “Siti Khodijah” dan “M. Asyam” dan menggunakan interactive drop shadow tool untuk memberikan efek bayangan.

Itulah tahapan-tahapan pembuatan desain undangan akad nikah. Jika masih bingung mengenai penjelasan diatas, anda bisa download gratis file yang masih dalam bentuk cdr di : Undangan akad nikah

Share:

0 komentar:

Post a Comment